Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah
Pelamar Umum Pemerintah Kota Salatiga
Formasi Tahun 2013
Alur Pendaftaran
1. Pengumuman
  • Pengumuman Seleksi Pengadaan CPNSD Pemerintah Kota Salatiga dilaksanakan mulai tanggal 16 s.d. 30 September 2013.
  • Klik tombol Download Pengumuman untuk mengunduh file pengumuman dengan format pdf.
  • Baca dengan seksama persyaratan, tata cara, dan segala ketentuan yang tercantum didalamnya.
2. Pendaftaran Online
  • Peserta melakukan pendaftaran online mulai 20 s.d. 30 September 2013 melalui website http://cpns.salatigakota.go.id dengan klik menu pendaftaran.
  • Persiapkan dokumen/data pendukung berupa KPT, Ijazah, Transkrip Nilai, dan alamat email untuk pendaftaran online.
  • Klik tombol daftar pada formasi yang dipilih.
  • Isi Form Pendaftaran dengan data yang benar sesuai dengan dokumen/data pendukung dan klik tombol Daftar.
  • Sistem secara otomatis akan mengirim data akun peserta berupa username, password dan li nk validasi ke alamat e-mail peserta. Cek folder Spam jika e-mail dari sistem tidak masuk ke Inbox e-mail peserta.
  • Peserta melakukan validasi pendaftaran dengan klik link validasi pada e-mail yang dikirim oleh sistem. Akun Peserta berupa username dan password hanya bisa digunakan setelah peserta melakukan validasi melalui e-mail.
3. Akun Peserta
  • Akun peserta berupa username dan password.
  • Untuk login dengan akun peserta klik menu login, isikan username dan password pada form login kemudian klik tombol Login.
  • Akun peserta digunakan untuk melengkapi dan meng-edit data pribadi peserta, cetak berkas lamaran, dan proses-proses selanjutnya selama seleksi.
  • Pastikan isian data pribadi anda sesuai dengan data pada dokumen anda (KPT, Ijazah, dan Transkrip Nilai).
  • Akun peserta hanya bisa digunakan untuk melengkapi dan meng-edit data pribadi peserta sebelum peserta melakukan klik pada tombol Cetak. Setelah klik tombol Cetak peserta tidak bisa lagi meng-edit data peserta.
  • Akun peserta merupakan tanggung jawab pribadi peserta.
  • Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, peserta harus melakukan logout dengan klik menu logout setiap kali selesai menggunakan sistem ini.
4. Pengiriman Berkas Lamaran
  • Berkas lamaran terdiri dari Surat Lamaran beserta berkas pendukung.
  • Berkas lamaran dimasukkan ke dalam amplop tertutup ukuran 35 X 25 cm.
  • Berkas lamaran dikirim ke PO BOX CPNSD PEMERINTAH KOTA SALATIGA mulai tanggal 20 s.d 30 September 2013 per cap POS.
5. Seleksi Administrasi
  • Panitia hanya menerima berkas lamaran melalui PO BOX CPNSD PEMERINTAH KOTA SALATIGA.
  • Berkas lamaran yang disampaikan sebelum dan sesudah jadwal pengiriman berkas dinyatakan tidak berlaku.
  • Berkas lamaran yang diterima akan langsung diseleksi (FIFO - First In First Out).
  • Berkas lamaran yang masuk diseleksi administrasi dan dikategorikan Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).
  • Berkas lamaran yang tidak lengkap atau tidak memenuhi persyaratan, dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi (TMS).
  • Hasil seleksi administrasi akan diumumkan melalui website http://cpns.salatigakota.go.id mulai tanggal 4 Oktober 2013.
6. Cetak Kartu Tes
  • Peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi wajib mencetak kartu tes di website http://cpns.salatigakota.go.id melalui akun masing-masing.
  • Setelah mencetak kartu tes pastikan anda menempel foto dan menandatanganinya.
  • Kartu tes digunakan untuk Tes Kompetensi Dasar (TKD), harap simpan dengan baik.
  • Data peserta di kartu tes harus sesuai dengan data yang ada di KTP peserta.
  • Kartu tes dan KTP asli wajib dibawa oleh peserta saat mengikuti TKD.
7. Tes Seleksi
  • Peserta tes seleksi dibagi dalam beberapa shift tes (jadwal shift terlampir dalam kartu tes).
  • Untuk tiap shift, 1 (satu) jam sebelum pelaksanaan tes seleksi panitia akan melakukan registrasi dan validasi kartu tes.
  • Tes seleksi menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dengan materi Tes Kompetensi Dasar (TKD).
  • Materi TKD meliputi: Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi.
  • Jadwal dan tempat tes seleksi akan diumumkan melalui website http://cpns.salatigakota.go.id dan tertera pada kartu tes.
  • Lokasi tes bertempat di gedung Badan Kepegawaian Daerah Kota Salatiga, Jalan Pemuda No. 02 Salatiga.
  • Tes seleksi dengan sistem CAT rencana akan diakukan oleh BKN dan hasilnya akan dikirim lansung ke Menpan.
8. Pengumuman Hasil Tes
  • Hasil tes seleksi akan diumumkan melalui website http://www.bkn.go.id dan http://cpns.salatigakota.go.id.
9. Pemberkasan
  • Proses pemberkasan CPNSD Pemerintah Kota Salatiga tahun 2013.